Kamis, 17 Desember 2015

Ruang Bermain Anak di Rumah

Pentingnya membuat ruang bermain anak di rumah agar anak memiliki jiwa bermain yang sangat kuat. Bahkan, menurut mereka hidup itu merupakan permainan yang mengasyikkan. Tidak heran, jika mereka bermain sampai lupa waktu. Terkadang, kita sebagai orang tua merasa khawatir jika anak kita bermain terlalu jauh dari rumah. Nah…untuk menyiasatinya, anda bisa membuat ruang bermain di rumah anda. Sehingga anak anda tidak keluyuran keluar rumah untuk mencari pemainan yang menarik.
Membuat ruang bermain anak di dalam rumah sebenarnya tidak terlalu sulit, anda bisa mengadaptasi ruang bermain yang ada di mall, restaurant, dan lainnya. Namun, sesuaikan juga ukuran ruangan yang ada di rumah anda. Anda juga bisa meminta anak anda untuk memberikan ide dalam pembuatan ruang bermain, sehingga nantinya anak anda pun ikut merasa puas karena ruang bermain tersebut dibuat berdasarkan keinginan anak anda. Berikut ini beberapa tips untuk membuat ruang bermain anak :

Membuat Ruang Bermain Anak di Rumah


Tidak Perlu Ruangan yang Luas
Untuk membuat ruang bermain anak tidak perlu menggunakan ruangan yang memiliki lahan yang luas. Anda bisa menggunakan ruangan yang sederhana kemudian ditambahkan dengan dekorasi yang menarik sehingga anak-anak menjadi senang dan betah berada di dalam ruang bermain ini.
Memberikan Warna Dinding
Supaya anak anda merasa senang, maka anda bisa memberikan warna cat yang cerah. Selain itu, anda juga bisa memadukan dengan lukisan mural yang bertemakan permainan anda. Misalkan, anda membuat lukisan mural toy story, hulk, power ranger, spongebob, masha and the bear, dan lainnya. Sehingga suasana di dalam ruang bermain menjadi lebih hidup dan ceria.
Menyusun Arena Bermain
Supaya terlihat lebih rapih, ruang bermain anak perlu di susun setiap mainan yang ada di dalam arena bermain. Misalkan, untuk perosotan diletakkan merapat ke dinding. Kemudian untuk mainan kuda-kudaan diletakkan di tengah ruangan bermain. Sedangkan untuk mainan yang berukuran kecil bisa diletakkan di rak yang mudah terlihat oleh anak. Namun, jangan menggunakan rak yang terlalu tinggi supaya anak anda tidak kesulitan saat mengambil mainan tersebut.
Karpet atau Alas Lantai
Untuk alasnya, anda bisa menggunakan karpet khusus bermain yang berbentuk puzzle. Saat ini sudah banyak toko yang menjual karpet tersebut, baik toko online ataupun toko offline. Penggunaan karpet ini bertujuan untuk menjaga keamanan anak anda saat bermain agar saat mereka terjatuh tidak terasa sakit. Selain itu, karpet ini juga dapat mempercantik ruangan bermain anak loh.
Pemilihan Furniture
Furniture yang digunakan untuk ruang bermain anak tidak terlalu banyak, anda hanya membutuhkan meja dan bangku kecil, serta rak untuk meletakkan mainan. Tutup setiap bagian sudut furniture menggunakan busa untuk menghindari benturan jika anak anda terjatuh. Selain itu, pilihlah furniture yang berukuran kecil agar tidak memakan banyak tempat di dalam ruangan.
Membuat ruang bermain anak di rumah dapat membahagiakan anak anda. Selain itu, anda pun tidak perlu khawatir seperti ketika anak anda bermain di luar rumah. Namun, sebaiknya tetap pantau anak anda selama bermain supaya menjalin kedekatan antara orang tua dan anak.

Incoming search terms:

  • contoh ruang bermain anak
  • toko off line rak dinding druang tamu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar